SK PPDP

Senin, 08 Oktober 2012

Berat pesawat udara berdasarkan kegunaannya



1. Lebih berat dari udara
Pesawat udara yang lebih berat dari udara disebut aerodin, yang masuk dalam kategori ini adalah helikopter, dan pesawat terbang/pesawat bersayap tetap. Pesawat bersayap tetap umumnya menggunakan mesin pembakaran dalam yang berupa mesin piston (dengan baling-baling) atau mesin turbin (jet atau turboprop) untuk menghasilkan dorongan yang menggerakkan pesawat, lalu pergerakan udara di sayap menghasilkan gaya dorong ke atas, yang membuat pesawat ini bisa terbang. Helikopter dan autogiro menggunakan mesin dan sayap berputar untuk menghasilkan gaya dorong ke atas, dan helikopter juga menggunakan mesin untuk menghasilkan dorongan ke depan.

2. Lebih ringan dari udara
Pesawat udara yang lebih ringan dari udara disebut aerostat, yang masuk dalam kategori ini adalah balon dan kapal udara. Aerostat menggunakan gaya apung untuk terbang di udara, seperti yang digunakan kapal laut untuk mengapung di atas air. Pesawat udara ini umumnya menggunakan gas seperti helium, hidrogen, atau udara panas untuk menghasilkan gaya apung tersebut. Perbedaaan balon udara dengan kapal udara adalah balon udara lebih mengikuti arus angin, sedangkan kapal udara memiliki sistem propulsi untuk dorongan ke depan dan sistem kendali.

Istilah Berat di Pesawat Terbang
          Operating Weight Empty
             Berat dasar pesawat : crew dan peralatan pesawat. tidak termasuk bahan bakar dan  
             penumpang
          Pay Load
             Produksi muatan (barang/penumpang) yang membayar. termasuk penumpang, barang, surat 
             dan paket
          Zero Fuel Weight
             Batasan berat, spesifik pada tiap jenis pesawat. tambahan berat harus berupa bahan bakar.
          Maximum Ramp Weight
             Berat maksimum diijinkan untuk taxi.  Pada saat pesawat taxiing dari apron  menuju ujung 
             landas pacu.
          Maximum Structural Landing Weight
             Kemampuan struktural pesawat pada waktu mendarat
          Maximum Structural Take off Weight
             Berat maksimum pesawat termasuk crew, berat pesawat kosong, bahan bakar, pay load yang 
             diijinkan

Ditulis Oleh : yana sofyan hidayat Hari: 18.58 Kategori:

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...